Pengertian Genetiak Menurut Para Ahli Beserta Cabang-Cabang Genetika Lengkap

Pengertian Genetika

Pengertian Genetika Menurut Para Ahli Beserta Cabangnya– Genetika adalah cabang dari biologi yang mempelajari faktor keturunan dan suborganisme organisme (seperti virus dan prion). Singkatnya dapat dikatakan bahwa genetika adalah studi tentang gen dan segala aspeknya. Istilah “genetika” diperkenalkan oleh William Bateson dalam surat pribadi kepada Adam Chadwick, dan ia menggunakan Konferensi Internasional tentang Genetika ke-3 pada tahun 1906. Sehubungan dengan genetika, DNA memiliki peran / kontribusi sangat penting. DNA adalah materi genetik yang mengendalikan sifat dasar makhluk hidup, terkeskpresikan dalam bentuk polipeptida, meskipun tidak semua protein (dapat dinyatakan sebagai RNA yang memiliki reaksi katalitik, seperti SNRPs).

Pengertian Genetika Menurut Para Ahli

  • James Watson (1928-) dan kimiawan Inggris Francis Crick (1916)
Genetika adalah bagian dari molekul yang sangat besar dan kompleks ditemukan dalam inti semua sel, asam deoksiribonukleat (DNA) molekul.
  • Ovisma
Teori ini berpendapat bahwa sifat nyata adalah keturunan dari telur yang dihasilkan oleh induk betina. Sementara sel laki-laki hanya memproduksi cairan berfungsi sebagai penggiat perkembangan telur.
  • Bonnet (1720 – 1793 )
Ditemukan di selsperma sudah membentuk manusia kecil. Hal ini sejalan dengan perkembangan penemuan mikroskop masih sederhana.
  • Wolff (1733-1794),Von baer (1792-1880)
Teori ini terhadap teori-teori sebelumnya dengan teori bahwa sperma dan sel telur tidak memiliki sperti teori pengaturan preformasi, tetapi sel telur dibuahi oleh jantan akan mengadakan sedikit demi sedikit pertumbuhan untuk menjadi individu yang sempurna.
  • Francis Crick
Menjelaskan aliran informasi yang dibawa oleh DNA dalam seri The Central Dogma, yang berbunyi aliran DNA informasi dapat diterukan ke dalam sel serta individu lain dengan replikasi, dapat dinyatakan memediasi sinyal dalam bentuk RNA, yang dapat kemudian diterjemahkan ke dalam polipeptida, unit pembangun fenotip ada organisme.
Bidang kajian genetika mulai dari daerah subselular dari genetik (molekul) untuk warga. Secara lebih rinci, genetika berusaha menjelaskan:
  1. Bahan pembawa informasi untuk diwariskan (bahan genetik),
  2. Bagaimana informasi yang diungkapkan (ekspresi gen), dan
  3. Bagaimana informasi ditransfer dari satu orang ke orang (warisan genetik) yang lain.

Awal mula dan konsep dasar

  • Periode pra-Mendel
Meskipun orang biasanya set genetika dimulai dengan ditemukannya kembali naskah artikel yang ditulis Gregor Mendel pada tahun 1900, genetika yang sebenarnya sebagai “ilmu warisan” atau keturunan telah dikenal sejak zaman prasejarah, seperti domestikasi dan pengembangan berbagai ras ternak dan kultivar tanaman. Orang juga akrab dengan efek persilangan dan penangkaran sanak serta membuat sejumlah prosedur dan aturan tentang masalah tersebut sejak sebelum genetika berdiri sebagai ilmu yang mandiri. Silsilah penyakit dalam keluarga, misalnya, telah mempelajari yang sebelumnya. Namun, pengetahuan praktis tidak menjelaskan penyebab gejala ini.
Teori populer warisan diadopsi pada waktu itu adalah teori warisan campuran: seseorang melewati campuran alami rata membawa orang tua, terutama dari laki-laki karena membawa sperma. Hasil penelitian Mendel menunjukkan bahwa teori ini tidak berlaku karena sifat yang diambil dalam kombinasi membawa alel khas, bukannya campuran rata. Pendapat lain yang relevan adalah teori Lamarck: properti yang dibeli di orangtuanya diteruskan kepada anaknya.
Teori ini juga patah dengan penjelasan Mendel bahwa ekspresi gen yang dibawa oleh seorang individu yang tidak dipengaruhi oleh pengalaman warisan. Charles Darwin juga pangenesis penjelasan hipotetis dan kemudian dimodifikasi oleh Francis Galton. Menurut ini, sel-sel tubuh menghasilkan partikel yang disebut gemmula dikumpulkan di organ reproduksi sebelum pembuahan terjadi. Jadi, setiap sel dalam tubuh telah memberikan kontribusi terhadap properti yang akan diambil zuriat (keturunan).
Dalam pra-Mendel, orang tidak tahu gen dan kromosom (meskipun DNA telah diekstrak, namun di abad ke-19, fungsi yang tidak diketahui). Pada saat itu orang mengira bahwa sifat yang diwariskan melalui sperma (induk betina tidak memberikan kontribusi apa pun untuk properti mereka).
  • Konsep dasar
Peletakan dasar ilmiah melalui percobaan sistematik baru dilakukan pada paruh kedua abad ke-19 oleh Gregor Johann Mendel. Ia adalah seorang biarawan dari Brno (Brünn dalam bahasa Jerman), Kekaisaran Austro-Hungaria (sekarang bagian dari Republik Ceko). Mendel disepakati umum sebagai ‘pendiri genetika’ setelah ia “über Versuche Pflanzenhybriden” atau Eksperimental Tanaman Crosses (cetak diterbitkan pada tahun 1866) secara independen ditemukan kembali oleh Hugo de Vries, Carl Correns, dan Erich von Tschermak pada tahun 1900.
Pada bagian pertama Mendel menemukan bahwa pewarisan pada tanaman (ia menggunakan tujuh sifat pada tanaman kacang, Pisum sativum) mengikuti rasio matematika sederhana. Lebih penting lagi, dia bisa menjelaskan bagaimana hal ini terjadi rasio, melalui apa yang dikenal sebagai ‘Warisan Mendel’.
Dari karya ini, orang mulai mengenal konsep gen (Mendel menyebutnya ‘faktor’). Gen keturunan. Alel adalah ekspresi alternatif dari gen dalam kaitan dengan suatu sifat. Setiap disomik individu selalu memiliki sepasang alel, yang sesuai dengan sifat tertentu, masing-masing berasal dari orangtua. Status dari pasangan alel disebut genotipe. Jika seorang individu memiliki pasangan alel sama, genotipe genotipe homozigot individu, jika pasangan yang berbeda, genotipe individu yang bersangkutan dalam keadaan heterozigot. Genotipe yang berhubungan dengan sifat-sifat yang diamati. Properti yang berhubungan dengan dikenal genotipe fenotipe.
  • Kronologi perkembangan genetika
Setelah re-penemuan karya Mendel, genetika berkembang sangat pesat. Pengembangan genetika sering merupakan contoh klasik dari penggunaan metode ilmiah dalam ilmu atau ilmu.

Cabang Genetika

Genetika berkembang baik ilmu murni dan ilmu terapan. Cabang-cabang ilmu pengetahuan dibentuk terutama sebagai hasil dari pendalaman aspek-aspek tertentu dari objek penelitian.
Cabang murni genetika:
  1. genetika molekular
  2. genetika sel (sitogenetika)
  3. genetika populasi
  4. genetika kuantitatif
  5. genetika perkembangan
Cabang terapan genetika:
  1. Genetika kedokteran
  2. Ilmu pemuliaan
  3. Rekayasa genetika atau rekayasa gen
Bioteknologi adalah ilmu terapan yang tidak secara langsung cabang genetika tetapi sangat terkait dengan perkembangan di bidang genetika.
  • Genetika arah-balik (reverse genetics)
Kajian genetika klasik diawali dari fenotip genetik gejala awal (rupanya oleh pengamatan manusia) dan kemudian mencari penjelasan genotip ke tingkat gen. Pengembangan teknik genetika molekuler untuk cepat dan efisien membawa filosofi baru dalam metodologi genetika, dengan membalik arah penelitian.
Karena banyak gen yang sudah diidentifikasi sekuensnya, orang memasukkan atau mengubah gen di kromosom dan implikasi dari fenotip terjadi. Teknik analisis menggunakan filosofi ini dikelompokkan dalam studi genetika dan sebagainya arah atau membalikkan genetika, sementara studi genetika teknik klasik disebut maju genetika atau arah genetik maju.

0 komentar