Tips Persiapan Diri Pada Saat Sidang TA Atau Skripsi

Jadi, mungkin hampir semua mahasiswa/i yang sebelum sidang skripsi atau TA (Tugas Akhir) , biasanya tuh pada gugup, grogi, panas dingin, gelisah bahkan mungkin ada yang ga bisa tidur kali ya hehe,... (berlebihan). Tapi itu semua dapat di atasi kok dengan beberapa tips yang ada di bawah ini :

1. Usahakan bangun subuh ya guys, bagi yang muslim, bisa laksanakan solat subuh terlebih dahulu dan jangan lupa berdo'a.
2. manfaatkan waktu subuh tersebut untuk belajar materi yang kalian punya, sebab waktu subuh sangat baik dan bagus untuk belajar, ya mungkin sebagian orang sudah pada tau
3. ingat, disini mempelajari materinya bukan pada saat hari H sidang aja, jadi tips belajar subuh ini disarankan untuk lebih memaksimalkan apa yang sudah di pelajarin sebelumnya.
4. sifat dan karakter dosen, mungkin dari kalian sudah ada yang mengetahui sifat dan karakter dosen, itu bagus, kenapa di bilang bagus, sebab dari situ kalian sudah bisa mempersiapkan diri.
5. mempersiapkan diri disini maksudnya, misal dosen si A, oh dia karakternya tegas, nah dari karakter tegas ini, kalian bisa tahu kalo orang yg tegas itu dia tidak suka orang yang bertele-tele, (contoh) 
6. apabila sudah mengenal watak dosen, selanjutnya persiapan mental
7. mental sangat sangat penting pada saat sidang skripsi ataupun TA, sebab percuma saja kita menguasai materi yang kita pelajari, tetapi pada saat di dalam ruangan, mental kita down, menghadapi dosen yang ada didalam, otomatis semua yang di pelajarin akan hilang begitu saja, dan kitapun jadi tidak bisa menjawab pertanyaan dari dosen penguji tersebut, ya jangankan pertanyaan mungkin dari judul skripsi atau TA kita pun kita lupa.
8. setelah semua sudah pas, jangan lupa berdoa ya guys
9. dan yang ini sangat lebih penting lagi, yaitu restu dari orangtua, sebab, semua persiapan yang sudah matang, akan lebih sempurna dengan diiringinya restu dari orangtua kalian guys. bukan doa dari pacar ataupun mantan ya ^_^ hehe... :)

0 komentar