Penjelasan Tentang Reaksi Kimia Beserta Ciri-cirinya Terbaru

Pengertian Reaksi Kimia

Reaksi kimia ialah suatu peristiwa perubahan kimia dari zat-zat yang bereaksi (reaktan) menjadi zat-zat hasil reaksi (produk).
Pada reaksi kimia ini selalu dihasilkan zat-zat yang baru dengan sifat-sifat yang baru. Reaksi kimia ini dituliskan dengan menggunakan lambang unsur.

Ciri-Ciri Reaksi Kimia

Suatu perubahan kimia atau reaksi kimia bisa diketahui melalui gejala-gejala yang menyertainya. Gejala-gejala atau ciri-ciri reaksi kimia antara lain yaitu sebagai berikut :
1. Terjadinya perubahan warna.
Hal ini bisa kamu amati misalnya pada reaksi antara larutan amilum dan iridium. Hasil reaksi ini berupa larutan berwarna biru.
2. Terjadinya gas
Pernahkah kamu berdekatan dengan suatu bengkel las karbit? Bau menyengat yang kamu rasakan di dekat bengkel las karbit ialah gas etuna. Gas ini berasal dari reaksi antara karbit dan air saat dipakai untuk mengelas.
3. Terjadi endapan
Endapan hasil reaksi bisa kamu temukan pada alat-alat memasak. Selain itu juga bisa kamu temukan pada suatu proses penjernihan air yang menggunakan tawas.
4. Terjadi perubahan suhu
Adanya suatu perubahan suhu bisa kamu amati ketika batu gamping dicampur air. Selain itu kamu juga bisa menemukan suatu perubahan suhu itu pada reaksi karbit dengan air.

Macam-Macam Reaksi Kimia

Untuk memudahkan dalam melakukan suatu kegiatan reaksi kimia, maka dikelompokkan reaksi kimia tersebut berdasarkan pada kesamaan yang dimiliki. Salah satu sistem klasifikasi ini di dasarkan pada cara atom tersusun kembali dalam reaksi kimia, antara lain yaitu :
1. Reaksi Penggabungan
yaitu dalam reaksi penggabungannya dua atau lebih zat tergabung membentuk zat lain.
Contohnya : pada Reaksi antara hidrogen dengan oksigen yang membentuk air
2. Reaksi Penguraian
Reaksi penguraian ialah suatu reaksi kebalikan dari reaksi penggabungan. Dalam reaksi ini satu zat terpecah atau terurai menjadi dua atau lebih zat yang lebih sederhana. Sebagian besar reaksi ini membutuhkan sebuah energi berupa kalor, cahaya, dan listrik. Rumus umum reaksi penguraian ini yaitu sebagai berikut :
Contohnya : pada Reaksi penguraian air oleh listrik menghasilkan hidrogen dan oksigen.
3. Reaksi Penggantian
Reaksi penggantian ialah reaksi penggantian tunggal terjadi, bila satu unsur menggantikan sebuah unsur lain dalam satu senyawa. Untuk menyelesaikan persamaan reaksi penggantian terdapat dua persamaan, yaitu sebagai berikut :
Contohnya :  Sebuah kawat tembaga dimasukkan ke dalam sebuah larutan perak nitrat. Tembaga lebih aktif daripada perak, maka tembaga yang menggantikan perak membentuk larutan tembaga (II) nitrat berwarna biru.

0 komentar