Langkah Selanjutnya kita membuat data sesuai dengan yang kita inginkan, apabila kita sudah mengganti nama sheet. data ini dibuat agar nantinya akan kita tampilkan di ms word adapun data nya dapat di lihat gambar di bawah ini
apabila sudah selesai membuat datanya , jangan lupa di simpan sesuai dengan nama yang kita inginkan
sudah di simpan , selanjutnya kita masuk ke ms. word disni kita hanya membuat yang terpentingnya saja dari judul yang sudah tadi kita buat di ms excel , seperti gambar di bawah ini
Setelah format telah selesai kita buat, pada Ms.
Word kita pilih menu Mailings >> Start Mail Merge >>Step by Step Mail Merge
Wizard.
Menu Mailings
Lalu akan muncul menu disamping kanan Ms. Word,
Selanjutnya pada menu Select Document Type, pilih Letters >> Next:Starting Document.
Document Type
Selanjutnya pada menu Select starting document,
pilih Use
the current document >> Next:Select Recipients
Starting Document
Pada menu Select recipients, pilih Use an existing list, selanjutnya
pilih file Ms. Excel yang disimpan tadi pada menu Browse, pada
saat kita membuka file Ms. Excel yang telah kita simpan tadi, akan mucul sheet yang
ada pada file Ms. Excel tadi. Selanjutnya kita pilih sheet yang telah kita
berinama tadi tempat data tersimpan. Setelah dipilih , lalu lanjutkan dengan
memilih Next:
Write your letter
Recipients
Pilih Sheet
Selanjutnya untuk memasukan data pada format yang
telah kita buat tadi pada Ms. Word, arahkan kursor pada format yang telah
kita buat sesuai dengan jenis data yang akan kita tampilkan,lalu
kita pilih tab Insert
Merge Field. Pada tab ini akan muncul kolom-kolom yang telah
kita buat pada Ms. Excel tadi. Lalu pilih kolom-kolom tadi sesuai dengan format
yang telah kita buat pada Ms. Word agar data yang telah kita buat pada Ms.
Excel dapat ditampilkan pada Ms. Word. Contoh seperti pada gambar berikut :
Menghubungkan file
Ms. Excel dengan Ms. Word
Untuk menampilkan data , pilih menu Preview Results,
maka akan tampil data yang ada pada Ms. Excel tadi. untuk melihat data
selanjutnya, dapat dilakukan dengan cara menekan tombol anak panah disamping
menu Preview result sesuai dengan nomor yang kita inputkan sebelumnya pada Ms.
Excel. Contoh seperti pada gambar dibawah ini :
Menampilkan Data
0 komentar