Sistem Predaran Darah Vertebrata

Semua hewab vertebrata atau hewab bertulang belakang telah mempunyai sistem peredaran darah tertutup. Sistem peredaran darah vertebrata terdiri atas darah dan alat peredaran darah. Alat peredaran darah terdiri atas jantung, pembuluh nadi, pembuluh balik, dan kapiler. Pembuluh nadi atau arteri merupaka pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung ke kapiler alat-alat tubuh.
Kapiler merupakan pembuluh darah terkecil yang dindingnya tipis setebal selapis sel. Pembuluh ini masuk ke seluruh jaringan tubuh dan pada pembuluh inilah terjadi pertukaran zat dari darah ke cairan ekstrasel dan sebaliknya. Dari kapiler darah akan kembali ke jantung melalui pembuluh balik atau vena.

Sistem Peredaran Darah Ikan
Alat peredaran darah ikan terdiri atas jantung, pembuluh nadi, kapiler, dan pembuluh balil. Jantung ikan terdiri atas dua ruangan, yaitu sebuah serambi atau atrium dan sebuah bilik atau ventrikel. Alat ini terlindungi oleh selaput perikardium dan terletak di dalam rongga perikardium. Dinding serambi ikan tipis sehingga warna darah di dalamnya tampak memerah dengan jelas, sedangkan dinding baliknya cukup tebal sehingga tampak lebih pucat. Untuk menjaga agar aliran darah tetap searah, antara serambi dan bilik terdapat klep.

0 komentar